Logo mewakili wajah perusahaan. Simbol
sederhana yang mampu menunjukkan profil usaha secara berkesan.
Adakalanya setiap pengusaha berharap Logo usahanya terlihat bagus,
menampilkan visi dan misi, serta mudah diingat oleh konsumen. Tapi
sering kita jumpai banyak orang kurang mengetahui jenis-jenis logo yang
tepat untuk perusahaan yang baru dirintis. Bahkan untuk membuat usaha
yang baru, sebagian beranggapan cukup dikerjakan sendiri. Tahukah kita!
bahwa kesan partama terhadap usaha ada pada Logo perusahaan. Ditiap
kemasan, papan iklan dan Media elektronik, Logo yang Hebat
memperlihatkan kwalitas sudut pandang perusahaan. Jika logo tersebut
Buruk maka konsumen melihat perusahaan mempunyai kwalitas sudut pandang
yang buruk. Jika sudut pandang perusahaan buruk, maka asumsi yang timbul
adalah produk/jasa yang ditawarkan pastilah buruk. Saya kira kita tidak
menginginkan hal tersebut.
Oleh karena itu, sebelum membuat Logo. Baiknya pengusaha memahami
jenis-jenis logo Perusahaan. Pada kesempatan kali ini kami tampilkan
Jenis-Jenis logo dan Perusahaan yang menggunakannya.
Berikut jenis-jenis logo:
1)
Word
mark
Nama perusahaan digunakan seluruhnya untuk membentuk
Logo. Pada jenis ini logo sama sekali tidak mengambil simbol atau gambar
tertentu. Logo dirancang dengan cara membuat model tulisan yang unik, atau
membentuk simbol tersembunyi dari bentukan nama perusahaan , seperti logo pada
perusahaan Fedex (huruf e dan x membentuk arah panah). Contoh logo Word mark
hádala: Microsoft, Google, Fedex, Coca Cola, Disnep, dll.
2)
Pictorial
mark
Sebuah gambar atau bentuk yang mudah
dikenali digunakan untuk mewakili bisnis anda. Jenis logo ini menekankan pada
nama perusahaan. Logo dirancang dari simbol atau gambar yang mewakili nama
perusahaan. Kadangkala Logo diletakkan tanpa menuliskan nama, karena dengan
bentuk logo, konsumen sudah mengenali nama perusahaan. Contoh pada Logo
Pictorial mark adalah: Garuad food, Garuda Indonesia, Kereta Api, Apple, dll.
3)
Combination
mark
Combination mark adalah pengabungan
antara teks dan ikon simbol atau yang membuat sebuah brand image perusahaan
atau organisasi.Teks singkat dapat melengkapi sebuah ikon atau simbol,
memberikan kejelasan pada sebuah logo. Contoh pada Combination mark adalah: Blackberry, Pepsi, Reebok, dll.
Pilih EmoticonEkspresikan dengan Emoticon